Akademi Angkatan Laut

TARUNA AAL MERIAHKAN MULTILATERAL NAVAL EXERCISE KOMODO 2018 DI LOMBOK

Sebanyak 104 Taruna Akademi Angkatan Laut memeriahkan Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sejumlah Taruna AAL tersebut melaksanakan  berbagai kegiatan, antara lain Kirab Kota sebagai rangkaian kegiatan MNEK 2018, dilepas Gubernur NTB TGH Zainul Majdi di depan Masjid Hubbul Wathan, Sabtu (5/5) sore. Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Ade Supandi memimpin upacara pembukaan didampingi KSAL negara-negara peserta, dan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi.

Sebanyak lebih kurang 5.500 prajurit dari 36 negara mengikuti MNEK dengan pengerahan 15 kapal serta 36 kapal perang TNI AL, 11 pesawat angkut dan tempur juga mengikuti kirab tersebut. Beberapa diantaranya Amerika Serikat, Kanada, Rusia, Jepang, Inggris, Tiongkok, Malaysia, Singapura, Filipina, Arab Saudi, Polandia, serta negara Eropa dan Asia lainnya.

MNEK merupakan latihan militer non-perang yang membangun kerjasama maritim di kawasan regional, untuk mendapatkan dasar bangunan yang kuat. Yakni kepercayaan antarnegara dan antarangkatan laut. Hasilnya, terjalin kesepahaman dan koordinasi yang baik dalam bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana. MNEK merepresentasikan persahabatan seluruh peserta untuk bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana di laut. MNEK juga wujud peran diplomasi TNI AL di dunia internasional dalam membangunan angkatan laut kelas dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *