Akademi Angkatan Laut

WAGUB AAL HADIRI UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DI GRAHADI SURABAYA

Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika menghadiri seremonial sejarah nasional yakni upacara peringatan hari lahir Pancasila di halaman gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jum’at (1/6). Upacara dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo dengan pasukan upacara yang terdiri dari para pelajar dan mahasiswa dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi wilayah Surabaya, prajurit TNI dan Polri serta 1 satuan setingkat kompi Taruna Akademi Angkatan Laut.

Sementara itu, Akademi Angkatan Laut turut menyelenggarakan upacara peringatan hari lahir Pancasila yang dilangsungkan di lapangan Arafuru, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya. Upacara dipimpin Sekretaris Lembaga AAL (Seklem AAL) Kolonel Marinir Suharto selaku Inspektur Upacara dengan pasukan upacara terdiri dari 1 kompi perwira pertama, 1 kompi Kowal, 2 kompi Taruna AAL, 2 kompi Bintara, 1 kompi Tamtama dan 2 kompi PNS AAL sera 1 unit Korsik AAL.

Dalam upacara tersebut, Inspektur Upacara Kolonel Marinir Suharto membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dihadapan para peserta upacara. Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan bahwa peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Presiden juga mengajak kita agar terus mengamalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.

Presiden menyampaikan sudah saatnya kita berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika, dalam bertoleransi serta dalam membangun persatuan dan kebersamaan, berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Dalam kesempatan tersebut Presiden RI Joko Widodo atas nama seluruh rakyat Indonesia menyampaikan terima kasih dan penghargaan sebesar-besarnya kepada para founding fathers atas warisan luhur Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila yang kita nikmati saat ini. Presiden juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada generasi penerus yang telah menanamkan pemahaman dan pengalaman Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *