Akademi Angkatan Laut

WARGA MUSLIM AAL PERINGATI NUZULUL QURAN DENGAN CERAMAH AGAMA

Segenap warga muslim Akademi Angkatan Laut (AAL) menggelar peringatan Nuzulul Quran dengan mendengarkan ceramah agama di gedung Maspardi, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Kamis (7/6), dengan menghadirkan penceramah ustad Drs. KH. Sukron Jazilan, dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Hadir dalam kegiatan keagamaan ini Wagub AAL Brigadir Jenderal TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, pejabat utama AAL, prajurit dan PNS serta Taruna/Taruni AAL yang beragama Islam.

Rangkaian acara diawali dengan penampilan Seni Hadrah AAL dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an Surat Al-Baqarah 185. Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wagub AAL mengatakan peringatan Nuzulul Quran yang kita peringati setiap tanggal 17 Ramadhan merupakan peristiwa yang sangat penting bagi perjalanan umat Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam. Peristiwa Nuzulul Quran, kata Gubernur AAL, telah mengantar berkembangnya budaya Islam ke seluruh pelosok dunia dan merombak pola kehidupan umat manusia, dari kehidupan jahiliyah menuju ke arah kehidupan yang beradab. Semoga dengan hikmah puasa Ramadhan, Nuzulul Quran dan Idul Fitri tahun ini akan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas pokok TNI, kata Gubernur AAL.

Sementara itu ustad Drs. KH. Sukron Jazilan mengawali ceramahnya dengan mengajak hadirin untuk melantunkan shalawat Nabi Muhammad SAW. Dalam pencerahannya, ustad yang juga seorang dosen ini mengupas tentang makna Bismilah Hirohman Nirohim. Ia mengatakan orang yang dapat mengamalkan makna bismilah hirohman nirohim maka orang tersebut bisa disebut pula telah mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupannya.

Ustad humoris ini mengatakan ada tiga makna penting dalam ucapan bismilah hirohman nirohim, yaitu agar kita hanya bergantung dan bersandar kepada Allah SWT, peduli kepada sesama dengan gemar bersedekah, dan berbuat baik kepada makluk ciptaan Allah SWT.

“Setelah kita mengucapkan bismilah hirohman nirohim sebagai gandengannya kita mengakhiri dengan ucapan alhamdulillah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT”, ungkap ustad Sukron Jazilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *