Akademi Angkatan Laut

AAL SELENGGARAKAN EDUKASI PENYAKIT KRONIS

Akademi Angkatan Laut dalam hal ini Subditkes Ditpers AAL menyelenggarakan kegiatan edukasi Program Penanggulangan Penyakit Kronis (Prolanis) yang dilangsungkan di aulau Subditkes AAL, Bumimoro, Surabaya, Kamis (7/6).

Kegiatan ini merupakan salah satu peranan Subditkes AAL sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk mencegah perkembangan penyakit kronis.

Masih banyak masyarakat umum dan anggota AAL khususnya, belum mengetahui macam-macam penyakit kronis dan bagaimana cara menghadapi bila mengalami penyakit tersebut. Karena penyakit kronis perkembangannya berlangsung lama dan membutuhkan tindakan terapi dalam waktu yang panjang.

Pada kegiatan kali ini mengangkat tema “Diet seimbang diabetes dan hipertensi saat puasa dan lebaran”. Sebagai narasumber dalam kegiatan penyuluhan adalah dr Luh Putu Surya, M.M. Selain kegiatan edukasi dan penyuluhan, juga dilaksanakan pemeriksaan kepada para peserta Program Prolanis, antara lain  pengecekan tekanan darah dan gula darah serta pemberian obat. Adapun peserta Program Prolanis terdiri dari  personel AAL yg termasuk dalam penderita penyakit kronis sebanyak 50 orang.

Menurut Kasubditkes AAL Letkol Laut (K) dr. Hisnindarsyah, S.E., M.Kes. CFEM banyak macam penyakit kronis saat ini diantaranya diabetes militus, hipertensi stroke, fatty liver, hepatitis dan lain sebagainya.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan Subditkes AAL sebagai Faskes Tingkat-1 BPJS”, kata Kasubditkes AAL disela-sela kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *