Akademi Angkatan Laut

KASAL WISUDA SARJANA TARUNA AAL ANGKATAN KE-63 TAHUN 2018

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. secara resmi menutup pendidikan sekaligus mewisuda Sarjana Sains Terapan Pertahanan (S.Tr. (Han)) bagi 102 calon Perwira lulusan Akademi Angkatan Laut  (AAL)  angkatan ke-63, dalam suatu upacara di Gedung Maspardi, AAL Bumimoro, Surabaya, Jum’at,  (6/7).

Upacara ini menandai berakhirnya pendidikan Taruna AAL angkatan ke-63 tahun 2018. Pada upacara ini, Kasal Laksamana  TNI Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. mengalungkan medali, sedangkan Gubernur AAL Laksamana Muda  TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M., menyerahkan ijazah D4 (disetarakan S1)  dengan Gelar S.Tr.(Han) (SarjanaTerapanPertahanan). Turut hadir dalam upacara tersebut  pejabat utama Mabesal, para Pangkotama TNI AL, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, pejabat utama AAL, orang tua Taruna dan sejumlah undangan.

Sebanyak 102 Taruna AAL yang dinyatakan lulus, antara lain  Korps Pelaut 40 orang, Korps Tehnik 17 orang, Korps Elektronika 12 orang, Korps Suplai 13 orang dan Korps Marinir 20 orang. Mereka yang mengikuti penutupan pendidikan ini adalah para Taruna yang telah berhasil dididik, dilatih, dibina, diasuh dan di gembleng baik fisik, mental maupun akademik selama empat tahun lamanya di kampus Bumimoro AAL. Berakhirnya masa pendidikan di AAL merupakan awal dari rangkaian panjang penugasan dan pengabdian yang sesungguhnya sebagai Perwira TNI AL.

Selain memperoleh gelar S.Tr.(Han), para Taruna AAL juga berhak menyandang pangkat Letnan Dua setelah disumpah dalam upacara Prasetya Perwira bersama rekannya dari Taruna Akademi Militer (Akmil), Taruna Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Akademi Kepolisian (Akpol) pada tanggal 19 Juli 2018 di Istana Negara Jakarta dengan Inspektur Upacara Presiden RI Ir. JokoWidodo.

Keluar sebagai lulusan terbaik masing-masing korps dan berhak mendapat piagam penghargaan adalah Korps Pelaut Sermatutar (P) Duta Daniswara, S.Tr. (Han), Korps Teknik Sermatutar (T) Muhamad Ridho Munawar Purba, S.Tr.(Han), Korps Elektronika Sermatutar (E) Jalu Wira Aditama, S.Tr.(Han),  Korps Suplai Sermatutar (S) Catur Arum Nuryani, S.Tr. (Han) dan Korps Marinir Sermatutar (M) Muhammad Faishal Djuhaeri, S.Tr. (Han).

Sedangkan yang berhasil keluar sebagai lulusan terbaik dan berhak mendapatkan penganugerahan Bintang Adhi Makayasa adalah Sermatutar (M) Muhammad Faishal Djuhaeri, S.Tr.(Han). Sementara itu yang berhasil keluar terbaik Taskar atau skripsi terbaik dan berhak mendapatkan penghargaan Adhi Pratama Karya adalah Sermatutar (P) Yogi Artandi,S.Tr. (Han). Sedangkan Sermatutar (S) Catur Arum Nuryani, S.Tr. (Han) berhasil meraih prestasi sebagai Taruni AAL Terbaik tahun 2018.

Sermatutar (M) Muhammad Faishal Djuhaeri, S.Tr.(Han) yang berhasil meraih penghargaan Bintang Adhi Makayasa lahir di Jakarta, 27 Januari 1996, putra dari pasangan bapak Herry Djuhaeri, seorang prajurit Marinir TNI AL dan Ny. Nina Nurbaeti. Sementara Sermatutar (P) Yogi Artandi, S.Tr.(Han) yang berhasil meraih penghargaan Adhi  Pratama Karya lahir di Jakarta, 8 Juli 1995, putra dari pasangan bapak Supriyanto dan Ny. Naryati, yang bekerja sebagai petani di Purworejo, Jawa Tengah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *