Akademi Angkatan Laut

JALASENASTRI CBS AAL SELENGGARAKAN LOMBA MC DAN DIRIGEN

Surabaya, 8 Agustus  2018,-

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 dan Hari Ulang Tahun Jalasenastri yang ke-72, Jalasenastri Cabang BS Akademi Angkatan Laut menyelenggarakan lomba MC (Master of Ceremony) dan lomba Dirigen atau Konduktor di gedung Dewakang AAL Bumimoro, Surabaya. Lomba antar Jalasenastri kompartemen AAL tersebut dibuka secara resmi Ketua CBS Jalasenastri  AAL Ny. Wuspo Lukito, Rabu (8/8)  dan diikuti 40 peserta.

Lomba MC bertujuan untuk mengasah kemampuan public speaking dan menambah wawasan ilmu pengetahuan dalam mendukung kegiatan Jalasenastri, antara lain MC serah terimajabatan di lingkungan organisasi Jalasenastri. Sementara itu, lomba dirigen bertujuan untuk membina dan meningkatkan kemampuan anggota Jalasenastri AAL yang memiliki bakat sebagai dirigen. Setiap acara senantiasa diawali menyanyikan lagu, baik itu lagu Indonesia Raya atau Mars Jalasenastri dan hal tersebut membutuhkan dirigen.

Dirigen atau konduktor yang memimpin sebuah pertunjukan musik/koor melalui gerak isyarat. Orkestra dan paduan suara biasanya dipimpin oleh seorang dirigen. Dirigen adalah sebuah keterampilan yang harus diolah dengan hati-hati. Seseorang dirigen harus bisa memberikan latihan teknis dalam mempersiapkan suatu pergelaran, sekaligus memberikan penafsiran yang tepat untuk masing-masing lagu yang akan dinyanyikan. Disamping itu seseorang dirigen harus mampu menguasai musik secara teknis, sehingga apabila menghadapi kesulitan-kesulitan yang dialami oleh anggota kelompok yang dipimpinnya dan dapat segera memberikan jalan keluar. Melalui lomba ini diharapkan dapat membina bakat dan keterampilan Jalasenastri dalam memimpin pertunjukan musik.

Adapun hasil lomba MC adalah juara pertama diraih Kompartemen 2 (Departemen Pelaut, Teknik, Elektronika, Suplai, dan Marinir serta Operasional Pengajaran), juara kedua dan juara ketiga diraih Kompartemen 3 (Detasemen Markas dan Akun). Sementara hasil lomba dirigen adalah juara pertama Kompartemen 4 (Resimen AAL), juara 2 diraih Kompartemen 1 (Setlem, Direktorat Pendidikan, Direktorat Perencanaan dan Pengembangan, Direktorat Logistik, dan Direktorat Personel),  juara ketiga diraih Kompartemen  2.

Kabagpen AAL Letkol Laut  Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *