Akademi Angkatan Laut

WAGUB AAL PIMPIN UPACARA HARKITNAS, BACAKAN SAMBUTAN MENKOMINFO RI

Surabaya, 20 Mei 2019.

Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut (Wagub AAL) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E.  memimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019 di lapangan Banda, Mako Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Senin (20/5).

Dalam upacara tersebut, Wagub AAL membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Rudiantara, S.Stat., MBA, yang mengatakan bahwa embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia adalah Sumpah Palapa yang dilakukan oleh Mahapatih Gadjah Mada, seorang patih terkenal dari kerajaan Majapahit. Dalam sumpah tersebut, Sang Patih amukti palapa yang berarti laku prihatin, tidak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan nusantara.

“Wilayah nusantara yang disatukan oleh Gadjah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita, untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini,” kata Menkominfo RI.

Menurut Menkominfo RI, peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111 tahun 2019 kali ini dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadhan, bagi umat muslim bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT, seperti permusuhan, kebencian, penyebaran kebohongan dan fitnah.

“Hingga pada akhirnya pada ujung bulan Ramadhan nanti, kita bisa seperti Mahapatih Gadjah Mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih, berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara disekitar kita”, kata Menkominfo RI.

Upacara diawali dengan prosesi penaikan bendera Sang Merah Putih, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pengucapan Sapta Marga dan pembacaan Panca Prasetya Korpri.

Upacara diikuti seluruh prajurit Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta Taruna Akademi Angkatan Laut.

Kabagpen AAL, Letkol Laut (KH) AG. Imam Setiadi, S.Sos., M.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *