Akademi Angkatan Laut

AAL LAHIRKAN BIBIT PETERJUN HANDAL TNI AL

Surabaya, 28 Juni 2019.

Akademi Angkatan Laut (AAL) melahirkan bibit peterjun handal TNI Angkatan Laut.

Mereka adalah 19 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Korps Marinir Angkatan ke-65 Tahun 2019, yang telah menyelesaikan latihan praktek (Lattek) Para Dasar selama 17 hari dan ditutup secara resmi oleh Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. dalam suatu upacara militer di Shelter Lanudal Juanda, Jum’at (28/6).

Selama latihan para Taruna Korps Marinir digembleng berbagai ilmu pengetahuan tentang keparaan di Komando Latih Marinir (Kolatmar) Gunungsari Surabaya, dilanjutkan praktek terjun di Puspenerbal Juanda, dengan menggunakan pesawat jenis Cassa dari Skuadron 600 Wing Udara-1 Juanda.

Agar menjadi peterjun handal TNI Angkatan Laut, mereka harus menyelesaikan berbagai tahapan materi latihan, diantaranya pengenalan peralatan para, melipat dan mengepak parasut, teknik exit, teknik melayang dan mengemudi, teknik mendarat dan emergency procedure. Setelah menguasai materi latihan, para Taruna Korps Marinir mengasah kemampuan dengan praktek melaksanakan penerjunan para dasar siang dan malam, terjun cepat dan terjun lambat dengan menggunakan senjata maupun tanpa bersenjata.

“Dengan berakhirnya latihan para dasar ini, saya atas nama pribadi dan jajaran Akademi Angkatan Laut mengucapkan selamat atas keberhasilan para Taruna Akademi Angkatan Laut, yang telah menyelesaikan program latihan praktek para dasar tahun 2019 dengan aman, tertib dan lancar,” kata Gubernur AAL saat menutup latihan.

“Tetap jaga semangatmu, pelihara skill-mu dan pelihara naluri tempurmu, maka kau akan siap menjaga NKRI dan Marinir tetap menjadi kebanggaan negara,” tegas Gubernur AAL dihadapan Taruna dan prajurit Marinir yang hadir dalam upacara tersebut.

Sebelum upacara penutupan, para Taruna Korps Marinir melakukan penerjunan terakhir menggunakan pesawat Cassa dari Skuadron 600 Wing Udara-1 Juanda dengan dropping zone di area depan Shelter Lanudal Juanda, disaksikan keluarga dan para kerabat.

Usai upacara, para Taruna Korps Marinir menerima penyematan brevet dari para pejabat dan kerabat yang hadir, diakhiri Yel-Yel Para dengan penuh semangat.

Hadir dalam upacara tersebut, Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Eni Edi Sucipto yang juga merupakan Ibu Asuh Taruna AAL, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., para pejabat utama AAL, para pejabat Lanudal Juanda serta keluarga dan kerabat para Taruna peserta Lattek.

Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Ag. Imam Setiadi, S.Sos., M.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *