Akademi Angkatan Laut

KUNJUNGAN KE AAL, WAKASAL TINJAU PERSIAPAN PRASPA TARUNA

Surabaya, 1 Juli 2019.

Dalam rangka meninjau persiapan Praspa Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, S.E., M.M. melaksanakan kunjungan kerja ke AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (1/07).

Kunjungan kerja tersebut, Wakasal didampingi Asisten Personel Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksamana Muda TNI I Nyoman Mandra, M.Sc., CHRMP dan disambut oleh Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. beserta pejabat utama AAL di gedung R. Soebijakto, Mako Akademi Angkatan Laut.

Kunjungan kerja ini, untuk meninjau secara langsung kesiapan dan kelengkapan para Taruna AAL tingkat IV angkatan ke-64, yang akan mengikuti kegiatan upacara Prasetya Perwira (Praspa), tanggal 16 Juli 2019 bersama Taruna Akmil, AAU dan Akpol di Istana Merdeka Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Wakasal meninjau dan mengecek secara langsung fitting baju seluruh Taruna angkatan ke-64, saat memakai Pakaian Dinas Upacara (PDU) dan segala perlengkapan, seperti pedang, pet, sarung tangan, ikat pinggang, sepatu dan kelengkapan lain di gedung Maspardi AAL.

Acara tersebut dilanjutkan pengarahan Wakasal, yang diawali dengan sambutan Gubernur AAL. Dalam sambutannya, Gubernur AAL akan menyimak betul, segala pengarahan dan pencerahan Bapak Wakasal beserta Bapak Asper Kasal, guna dijadikan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas di AAL, demi suksesnya pelaksanaan Praspa 2019.

Selanjutnya, pengarahan Wakasal, yang mengatakan bahwa jika masih ada perlengkapan yang kurang, segera diajukan, mengingat masih ada waktu beberapa hari, sebelum upacara Praspa dilaksanakan.

“Setelah para Taruna dilantik menjadi Perwira TNI Angkatan Laut, harus siap ditempatkan dimana saja, selalu mengembangkan diri dan senantiasa menyenangi tugas yang diemban, karena itu yang akan membuat kalian menjadi matang dan tambah pengalaman,” kata Wakasal.

Wakasal juga mengatakan, nanti akan ada banyak latihan dalam kedinasan, berusahalah untuk minta diikutkan, jangan hanya berada di zona nyaman atau tidak kreatif mencari peluang, karena bisa tergilas dan kalah dalam persaingan.

“Sebelum pelaksanaan upacara Praspa di Jakarta, sebanyak 117 Taruna AAL tingkat IV angkatan ke-64, akan melaksanakan penutupan pendidikan dan Wisuda Sarjana oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. pada tanggal 8 Juli 2019 di Akademi Angkatan Laut.”

Sementara itu, Aspers Kasal menunjuk salah satu perwakilan dari Taruna dibarisan, untuk memimpin dan melaksanakan yel yel secara bersama-sama, sehingga membuat suasana menjadi hidup dan menarik, mengingat bahwa nanti para Taruna, baik dari Akmil, AAU dan Akpol di Jakarta, juga akan diberi kesempatan untuk melaksanakan yel yel. Mudah-mudahan kalian bisa menjadi yang terbaik.

Asper Kasal berharap, untuk selalu berusaha gembira sehingga dapat menyingkirkan energi negatif. Selain itu, menjelaskan beberapa pengalaman tugas dan operasi di kedinasan TNI Angkatan Laut, serta peluang dalam berkarir di TNI Angkatan Laut.

Aspers Kasal juga mengatakan, tanggal 9 Juli 2019 para Taruna sudah di Jakarta, segeralah mengecek segala perlengkapan, kerapihan pakaian dan menjaga kesehatan. Disamping itu, di Jakarta juga ada pembekalan lagi oleh Presiden RI dan Danjen Akademi TNI serta masih dilaksanakan gladi kotor dan gladi bersih. Persiapkanlah seoptimal mungkin.

“Sebagai generus bangsa, kalian harus bisa mengalihkan pola pikir ke arah gembira. Bekerja dengan senang hati dan cinta, akan hasilkan mutu kerja yang sempurna serta demi mengabdi dan membangun bangsa dan negara,” kata Aspers Kasal.

Kalau bukan kalian, siapa lagi. Kalian sudah terpilih, sudah terdidik, sudah sesuai kriteria dan diolah oleh lembaga pendidikan AAL. Kalianlah yang siap membangun bangsa, jadi jangan sia-siakan waktu dalam mengawaki organisasi TNI Angkatan Laut. Tidak usah berpikir saya dapat apa. Lakukanlah demi mengabdi bangsa dan negara. Berbuat baik sangat menyenangkan.

Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Ag Imam S, S.Sos., M.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *