Akademi Angkatan Laut

PELEPASAN TARUNA AAL ANGKATAN 64

Surabaya, 8 Juli 2019.

Upacara pelepasan Satuan Tugas (Satgas) Prasetia Perwira (Praspa), bagi Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-64 di lapangan apel Resimen AAL, Bumimoro, Surabaya (8/7).

Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., yang juga selaku Inspektur Upacara mengatakan, upacara pelepasan terasa sangat istimewa dan membanggakan bagi kita semua, terutama para calon perwira remaja TNI Angkatan Laut, dimana beberapa hari lagi, para Taruna dan Taruni AAL angkatan ke-64 ini, akan dilantik menjadi Letnan Dua oleh Presiden Republik Indonesia.

“Upacara Praspa juga merupakan, suatu babak baru bagi para calon perwira remaja dalam memasuki kehidupan baru, setelah menyelesaikan tahap pendidikan sebagai Taruna dan Taruni AAL selama 4 tahun,” kata Gubernur AAL.

Menurut Gubernur AAL, keberhasilan Taruna dan Taruni AAL angkatan ke-64 dalam menyelesaikan tahapan pendidikan di AAL, merupakan hasil perjuangan dan kerja keras para Taruna, dalam melaksanakan program pendidikan, pelatihan dan pengasuhan. Selain itu, merupakan rahmat dan ridho dari Tuhan Yang Maha Esa yang patut disyukuri, agar memberi makna dan manfaat, bagi kehidupan pribadi, TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa dan negara.

“Jadikanlah momentum Praspa, sebagai tonggak awal dalam menapaki kehidupan baru sebagai perwira remaja. Oleh karena itu, kalian harus senantiasa mengembangkan diri, dengan belajar dan berlatih sungguh-sungguh serta tekun, agar penguasaan ilmu pengetahuan dan profesi yang telah diperoleh, akan semakin meningkat, sejalan dengan pesatnya perkembangan IPTEK.”

Ditambahkan, dengan perubahan status, dari seorang Taruna atau Taruni menjadi perwira remaja, harus diimbangi dengan perubahan pola pikir, pola tindak dan pola sikap, dari seorang Taruna yang dibimbing menjadi perwira yang percaya diri dan mandiri, sehingga menjadi teladan dan contoh anak buah.

Usai sambutan, Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. beserta isteri Ny. Eni Edi Sucipto, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. beserta isteri Ny. Nana Endi Supardi, para Pejabat Utama AAL, para pengurus Cabang BS Jalasenastri AAL, para Perwira Pengasuh, Komandan Satgas Praspa beserta staf serta seluruh Taruna AAL berbaris berturut-turut dan menyalami Taruna Akademi Angkatan Laut angkatan ke-64, yang akan berangkat ke Jakarta, guna selanjutnya mengikuti upacara Praspa dan dilantik menjadi Perwira Muda TNI Angkatan Laut di Istana Merdeka Jakarta, bersama Taruna Akmil, AAU dan Taruna Akpol pada tanggal 16 Juli 2019.

Dengan memohon ridho kepada Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Senin tanggal 8 Juli 2019, Satuan Tugas Praspa Taruna Akademi Angkatan Laut angkatan ke-64, yang sudah berstatus Calon Perwira Remaja TNI Angkatan Laut, dengan resmi dilepas. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, senantiasa memberikan rahmat dan karunia-Nya, kepada kita semua, dalam melanjutkan langkah pengabdian kita kepada bangsa dan negeri tercinta.

Kabagpen AAL, Letkol Laut (KH) Ag Imam S, S.Sos., M.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *