Akademi Angkatan Laut

WARGA AAL MERIAHKAN PERINGATAN HARI KEMERDEKAAN RI DENGAN BERBAGAI PERLOMBAAN

Surabaya, 13 Agustus 2019.

Setiap menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di bulan Agustus, seluruh masyarakat Indonesia mengisinya dengan berbagai kemeriahan di masing-masing daerah ataupun kampung halamannya, mulai lomba kebersihan, pemasangan bendera dan umbul-umbul hingga berbagai perlombaan tradisional. Tak ketinggalan warga Akademi Angkatan Laut (AAL) mengisi kemeriahan tujuhbelasan tersebut dengan berbagai lomba antar kompartemen. Kompartemen dapat terdiri dari satu Satker atau gabungan beberapa Satker dijajaran AAL.

Lomba tersebut yaitu lomba balap bakiak, lomba makan kerupuk, lomba memindahkan belut, lomba balap karung, sepak bola berdaster dan lomba tarik tambang. Semua kegiatan perlombaan tersebut dipusatkan di lapangan Banda, Mako Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Selasa (13/8).

Sedangkan peserta lomba terdiri dari pejabat utama AAL, prajurit, Kowal, PNS Putra, PNS Putri dan Jalasenastri Cabang BS AAL dengan juri dari personel Subditwatpers dan Departemen Jasmani AAL. Sebelum lomba dimulai, seluruh keluarga besar AAL melaksanakan senam aerobik yang dipimpin pesenam profesional dari Surabaya.

Begitu peluit wasit ditiup, kemeriahan pun terjadi disetiap cabang olahraga yang diperlombakan. Para suporter masing-masing peserta lomba memberikan semangat dengan teriakan dari pinggir area lomba. Bahkan ada beberapa suporter mengenakan kostum yang unik dan lucu, hingga membuat terpingkal yang melihatnya, membuat suasana semakin meriah. Ditambah ada kejadian-kejadian lucu disetiap cabang lomba, diantaranya saat lomba pindah belut, banyak ibu-ibu dengan raut wajah takut namun tetap semangat berlari memasukkan belut kedalam botol secara estafet. Adapula yang jatuh bergelimpangan saat lomba balap bakiak. Nampak Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M. beserta Ketua Cabang BS Jalasenastri AAL Ny. Eni Edi Sucipto turut berada ditengah-tengah para suporter dan memberikan semangat kepada para peserta lomba.

Akhirnya setelah lebih dari tiga jam perlombaan dilaksanakan, juri menyatakan lomba selesai dan pengumuman pemenang. Pada lomba balap bakiak putra dimenangkan oleh Satker Ditpers sebagai Juara 1, disusul Satker Opsjar sebagai Juara 2 dan Satker Setlem sebagai Juara 3. Untuk  lomba balap bakiak putri dimenangkan Jalasenastri sebagai Juara 1, Kowal diurutan kedua dan PNS Putri diurutan ketiga. Pada lomba balap karung putra dimenangkan oleh Satker Ditpers sebagai Juara 1, disusul Satker Ditdik sebagai Juara 2 dan Satker Renbang sebagai Juara 3. Untuk  lomba balap karung putri dimenangkan Kowal B sebagai Juara 1, Kowal A diurutan kedua dan PNS Putri diurutan ketiga.

Pada lomba makan kerupuk keluar sebagai Juara 1 yaitu Serda Sakur dari Resimen AAL, Juara 2 Mayor Agus dari Deplek dan Juara 3 Pns Mukari dari Opsjar. Untuk lomba pindah belut dimenangkan Jalasenastri sebagai Juara 1, disusul PNS Putri sebagai Juara 2 dan Juara 3 diraih oleh Kowal B. Sedangkan lomba tarik tambang putri untuk Juara 1 diraih oleh Perwira Pengasuh Taruni, disusul urutan kedua diraih oleh Jalasenastri, sedangkan tim Bintara Pengasuh Taruni menempati posisi ketiga. Untuk lomba tarik tambang putra dimenangkan oleh Kompartemen 3 (Resimen AAL) sebagai Juara 1, Juara 2 diraih oleh tim Pejabat Utama AAL dan Juara 3 ditempati tim Kompartemen 1. Sementara itu pada pertandingan sepak bola berdaster dimenangkan oleh Kompartemen 3 (Resimen AAL) sebagai Juara 1, disusul Juara 2 oleh Kompartemen 4 (Denma) dan Juara 3 diraih Kompatemen 1. Masing-masing pemenang memperoleh bingkisan dan hadiah berupa uang pembinaan dari Gubernur AAL.

Pada kesempatan tersebut Gubernur AAL juga menyerahkan hadiah kepada personel yang telah mengharumkan nama lembaga Akademi Angkatan Laut dengan kemenangannya, yaitu atlet tenis lapangan ganda putri yang meraih medali emas dan ganda putra pamen usia 45 tahun keatas yang meraih medali perak pada even Porwiltim yang baru saja berlangsung. Selain itu hadiah diserahkan kepada Tim Paduan Suara Jalasenastri AAL yang telah berhasil keluar sebagai Juara 3 lomba paduan suara dalam rangka peringatan HUT ke-73 Jalasenastri. Gubernur AAL juga memberikan hadiah kepada tiga personel dengan penampilan kostum terlucu dan unik yang turut memeriahkan suasana perlombaan.

“Lomba ini pada dasarnya kegiatan yang sifatnya fun, untuk memeriahkan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia”, kata Gubernur AAL disela-sela kegiatan lomba. Orang nomor satu di AAL tersebut juga mengajak kepada seluruh anggota AAL untuk selalu bersyukur dengan cara mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu kita dan mengajak untuk hidup disiplin dengan mengikuti segala aturan yang telah ditetapkan oleh dinas.

“Kegiatan seperti ini perlu diulang lagi, jangan dilihat hadiahnya, namun nilai kebersamaan ini yang lebih penting”, kata pemimpin AAL ini usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang.

Kabagpen AAL Letkol Laut (KH) Ag. Imam Setiadi, S.Sos., M.M.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *