Change Font Size

Change Screens

Change Profile

Change Layouts

Change Direction

Change Menu Styles

Cpanel

KASAL TUTUP PENDIDIKAN KADET AAL

E-mail Print PDF

Akademi Angkatan Laut,- Kepala Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI  Dr. Marsetio memimpin langsung Upacara Penutupan pendidikan dan Wisuda Sarjana 105 Kadet Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-58 tahun 2013 dalam suatu upacara di Gd Mas Pardi, AAL, Bumimoro Surabaya, Kamis (13/6). Menandai berakhirnya pendidikan itu, usai pernyataan resmi penutupan pendidikan oleh Kasal, Laksamana TNI Dr. Marsetio mengalungkan medali setelah sebelumnya Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI I.N.G.N Ary Atmaja, SE menyerahkan ijazah kepada para peserta.

105 alumni Lembaga Pendidikan Akademi Angkatan Laut inipun berhak menyandang gelar  S.S.T.Han (Sarjana Sains Terapan Pertahanan) dengan lima program pendidikan. Korps Pelaut dengan program pendidikan Manajemen Pertahanan Matra Laut, Korps Tehnik dengan Prodik Tehnik Mesin Kapal Perang, Korps Elektro Tehnik Elektronika Kapal Perang, Korps Suplai Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut serta Korps Marinir Manajemen Pertahanan Matra Laut dan Aspek Darat.

Ke-105 kadet AAL tersebut yang dinyatakan telah lulus, antara lain 41 Korps Pelaut, Korps Tehnik 18 orang, Korps Elektronika 12 orang, Korps Suplai 11 orang dan Korps Marinir 23 orang. Kadet yang mengikuti penutupan pendidikan ini adalah para kadet yang telah berhasil dididik, dilatih, dibina, diasuh dan digembleng baik fisik, mental maupun akademik selama empat tahun lamanya di kampus Bumimoro AAL.

Keluar sebagai lulusan terbaik masing-masing korps dan berhak mendapat piagam penghargaan adalah Korps Pelaut Sermatukad (P) Pandu Indramanto, S.S.T.Han, Korps Tehnik Sermatukad (T) Edi Sutanto, S.S.T.Han, Korps Elektronika Sermatukad (E) Faiza Haikal, S.S.T.Han,  Korps Suplai Sermatukad (S) Aditya Bagus Umboro S.S.T.Han dan Korps Marinir Sermatukad (M) Deden Sulehudin S.S.T.Han. Sedangkan yang berhasil keluar sebagai lulusan terbaik dan berhak mendapatkan penghargaan Adi Makayasa adalah Sermatukad (P) Pandu Indramanto, S.S.T.Han.

Selanjutnya, rangkaian acara penutupan pendidikan ini akan diakhiri dengan upacara Prasetya Perwira yang menandai proses lahirnya seorang perwira muda TNI AL. Kadet AAL yang telah berhasil menyelesaikan pendidikannya ini akan dilantik menjadi perwira dengan pangkat Letnan Dua (Letda) pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa) bersama dengan Taruna Akademi Angkatan Darat, Karbol Akademi Angkatan Udara dan Taruna/Taruni Akademi Kepolisian yang menurut rencana akan dilaksanakan di Akademi Angkatan Laut (AAL) pada Selasa 02 Juli 2013 dengan Inspektur Upacara Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio mengatakan bahwa peristiwa ini merupakan hal yang patut di syukuri karena di satu sisi merupakan tonggak sejarah kehidupan pribadi para kadet yang telah berhasil melaksanakan transformasi diri dari kehidupan sipil yang identik dengan kebebasan ke kehidupan militer profesional yang penuh dengan kode etik, disiplin dan aturan yang harus ditaati, sedangkan disisi lain merupakan tonggak keberhasilan AAL yang secara konsisten berhasil mencetak generasi penerus TNI AL yang akan memimpin TNI/TNI AL pada periode dua puluh hingga tiga puluh tahun yang akan datang. Disamping itu juga merupan momentum yang istimewa karena saat inilah dimulainya salah satu proses menapak anak tangga pertama dalam upaya pembinaan bidang personel guna mewujudkan TNI AL yang handal, dan disegani yang merupakan modal dasar dan syarat utama untuk menyejajarkan diri dengan Angkatan Laut dari negara maju sebagai Angkatan Laut kelas dunia atau World Class Navy.

Selama menempuh pendidikan tentunya para kadet memperoleh pengetahuan yang cukup dan memadai untuk menjalankan tugas sebagai perwira TNI AL. Namun, Laksamana bintang empat ini mengingatkan bahwa knowledge is power but character is more. Maksudnya adalah pengetahuan memang penting untuk membangun kesuksesan namun demikian pembentukan karakter justru lebih penting

“Prestasi yang tyelah dicapai bukanlah akhir dari perjuangan tetapi justru merupakan garis awal dimana untuk selanjutnya meraih Adimakayasa dituntut untuk menunjukkan dan mempertahankan prestasi di medan penugasan yang penuh dengan tantangan dan dinamika. Untuk menjawab tantangan tersbut tidak hanya dibutuhkan kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan emosional yang sangat mempengaruhi bagaimana berinteraksi dengan lingkungan dengan tidak melupakan kecerdasan spiritual untuk menjaga keseimbangan moral terkait hubungan religi dengan sang pencipta”, ujarnya.

Selain Danjen Mako Akademi TNI Marsda TNI Bambang Samoedra S.Sos, acara ini dihadiri pula Para Pejabat teras Mabesal, Gubernur AAL AAL Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, SE, para pangkotama wilayah Barat dan Timur, perwakilan Akademi Angkatan dan Akademi Kepolisian, Wagub AAL Laksma TNI A. Taufiqoerrochman serta para Rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dan ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada lulusan terbaik masing-masing korps dan penganugerahan Bintang Adhi Makayasa oleh Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio.

Seusai acara Penutupan pendidikan dan Wisuda Sarjana, acara dilanjutkan dengan peresmian Gedung Markas Komando Akademi Angkatan Laut (AAL) R. Soebijakto oleh Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio dalam suatu upacara di Lapangan Banda dengan ditandai bunyi sirene dan pengguntingan pita oleh Ibu Ketum Jalasenastri Ny. Penny Marsetio.

 

Comments (0)Add Comment

Write comment

security code
Write the displayed characters


busy
Last Updated on Thursday, 13 June 2013 16:05
You are here Home